3 Hal yang Bikin Kamu di-Unfriend/Unfollow

[Internet Sehat]   Kesal tidak, jika memerika jumlah teman di facebook, ternyata sudah berkurag? Atau mendadak saja jumlah follower di Twitter menyusut. Wah, berarti ada ada orang yang unfriend atau unfollow kita nih.  Apa sih yang bikin orang ilfil sama kita sampe dia klik tombol unfriend atau unfollow? Yang jelas pasti kita sudah melakukan hal yang tidak disukai mereka, sehingga mereka menghapus kita dari daftar pertemanan. Walau hanya terjadi di dunia maya, rasanya bête ya?

Belum lama ini Intel melakukan studi mengenai apa saja yang membuat orang tidak disukai di situs social media. Apa saja itu?

  1. Suka mengeluh

Tidak ada yang suka mendengar keluhan orang lain, itu di dunia nyata. Di dunia cyber, berlaku hal serupa. Tanpa sadar kita sering memposting keluhan-keluhan soal banyak hal, terutama masalah yang kita hadapi. Betul, salah satu guna social media adalah berbagi rasa atau curhat, tapi kalau terlalu sering mengeluh, maka temanmu akan bosan juga. Mereka sudah cukup punya banyak masalah, jangan ditambah dengan keluhanmu. Jika ingin mengeluh, sebaiknya tulis saja di blog, yang tidak perlu semua temanmu di Facebook dan Twitter membacanya.

  1. Tidak memertimbangkan audiens

Mengemukakan opini di social media juga berisiko untuk kehilangan teman atau follower. Dari survei Intel, 4 dari 10 orang mengaku mereka tidak peduli dengan opini orang di dunia maya. Tapi ini bukan berarti kita bisa bebas saja beropini.  Misalnya jika kita berbagi rekaman video yang kita anggap hebat, maka ada yang yang tidak menyukainya, mereka berpotensi untuk menekan tombol unfriend atau unfollow. Cobalah untuk lebih sensitif dan selektif dalam berbagi opini atau informasi. Sesuaikan dengan audiensmu di social media.  Kita bisa mengatur siapa saja yang ingin kita bagikan info tertentu, tidak perlu semua orang.

  1. Terlalu sering posting

Teman-teman memang senang mendapat info update darimu, tapi kalau kamu update terus setiap 10 menit atau 30 menit, rasanya mereka bosan juga. Apalagi kalau kamu sering banget posting semua hal yang berkaitan tentang dirimu. Rasanya kok agak sebal ya membaca info seputar itu-itu saja? Jika kamu memang ingin update terus, lebih baik lakukan di situs semacam Pinterest atau Instagram yang memang memungkinkan untuk itu.

Nah, kalau tidak mau dijauhi teman di social media, setidaknya jangan lakukan 3 hal sederhana itu tadi ya. [Internet Sehat] 

Sumber artikel: technewsdaily.com / Sumber gambar: unknownrahul.blogspot.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes