Kamu Kecanduan Facebook?

[Internet Sehat]   Apa yang bikin orang keanduan Facebook? Pertanyaan ini menggunggah sejumlah ilmuwan Harvard University untuk melakukan penelitian social media buatan Mark Zuckerberg ini. Menurut mereka, pada dasarnya setiap manusia tertarik pada hal yang sama, yaitu makanan, uang, dan seks. Nah, Facebook ini memiliki daya tarik yang sama dengan ketiga hal tersebut. Maka jangan heran walaupun ada orang yang bermasalah dengan teman Facebook-nya maka ia akan tetap kembali online lagi di Facebook.

Studi lain dilakukan  tim ilmuwanUniversity of Bergen di Norwedia yang ingin mendalami lebih jauh masalah kecanduan social media itu. Mereka mengobservasi perilaku 423 orang yang terdiri dari lelaki dan perempuan, berkaitan dengan kecanduan mereka pada Facebook.

Hasilnya, orang yang lebih muda lebih sering kecanduan ketimbang yang lebih tua.  Anak muda juga lebih berpotensi merasa cemas dan tidak aman di Facebook. Sementara itu , baik lelaki dan perempuan sama-sama berisiko kecanduan Facebook. Kaum perempuan mungkin saja lebih berisiko kecanduan, tapi itu lebih disebabkan sifat alami sosial Facebook.

Apakah kamu tergolong kecanduan Facebook? Silakan ikuti kuis yang disusun tim ilmuwan Norwegia tersebut. Jawab pertanyaan di bawah ini dengan angka 1 (Sangat jarang ), 2 (Jarang), 3 (Kadang-kadang). 4. (Sering), 5 (Sangat sering).

  • Kamu menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan Facebook dan berencana untuk online di Facebook.
  • Kamu merasa sangat penting untuk ber-Facebook dan makin sering online di Facebook.
  • Kamu online di Facebook untuk melupakan masalah pribadimu.
  • Kamu sudah berusaha mengurangi online di Facebook tapi gagal.
  • Kamu menjadi kacau jika tidak online di Facebook.
  • Kamu online terus di Facebook sampai bermasalah dengan sekolah atau pekerjaanmu.

Jika kamu banyak menjawab dengan angka 4 atau 5 setidaknya pada 4 pertanyaan, berarti kamu tergolong sudah kecanduan Facebook. Belum ada studi lanjutan mengenai bagaimana mengurangi kecanduan pada Facebook. Tapi setidaknya, cobalah untuk mencari kesibukan di dunia nyata, dan bertemu dengan banyak orang. . [Internet Sehat] 

Sumber artikel: cnet.com / Sumber gambar: socialtimes.com

 

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes