Anak Perempuan Makin Kecanduan Games Online

[Internet Sehat]  Anak lelaki tergila-gila pada games online, itu biasa. Tapi kini ada kecenderungan anak perempuan juga sudah gandrung pada games, lho. Sebuah laporan yang dirilis GirlsgoGames.com menyatakan bahwa sekitar 50% anak perempuan usia 8 hingga 12 tahun mulai jatuh hati pada games social dan hiburan di internet.

Waktu yang mereka habiskan di internet untuk keasyikan ini setiap bulannya mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Jika tahun lalu mereka hanya habiskan 38 menit saja per bulan, maka kini sudah menjadi 1 jam, 18 menit.  Wah kenapa ya? Para ahli memperkirakan, ketertarikan anak perempuan pada games online lebih dipicu oleh oleh banyaknya kuis dan interaksi dalam games online tersebut. Studi ini melibatkan 7,6 juta pengunjung situs GirlsgoGames.com di Amerika selama 2011 dan kuartal pertama 2012. Situs ini dimiliki oleh sebuah perusahaan games asal Amsterdam, Spill Games, salah satu games online independen terbesar di dunia.

Menurut situs itu, remaja putrid lebih tertarik pada aspek sosial dalam games online, sebab mereka dapat saling berinteraksi, chatting, berbagi konten, dan membuat avatar. Mereka juga tertarik pada permainan yang bertema masak memasak, berdandan, dan kuis, diikuti dengan permainan bertema hewan.

Anak-anak perempuan ini paling senang dengan games mendandani selebriti virtual dengan baju dan make up sesuka mereka. Selebriti yang paling banyak diminati adalah Beyonce, disusul Justin Bieber, Angelina Jolie, Miley Cyrus, dan Jennifer Lawrence.

Kebanyakan dari remaja putrid ini sudah punya ponsel sendiri, lho. Menurut laporan Nelson, sekitar 35% anak remaja putrid usia 8-12 tahun sudah punya ponsel.

GirlsgoGames.com melaporkan, sebanyak 54% dari mereka memakai gadget iOS, disusul kemudian ponsel berbasis Android, iPod Touches, dan iPhone. Apakah kelamaan jumlah anak perempuan yang menyukai games online akan terus meningkat? Dan bagaimana pengaruhnya ke kehidupan sosial mereka? Nah, itu butuh studi lanjutan lagi. [Internet Sehat]

Sumber artikel: Mashable.Com / Sumber gambar: 123rf.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes