5 Langkah Selamat dari Pencurian Identitas

[Internet Sehat]   Pencurian identitas seringkali kita anggap remeh. Kebanyakan orang berpikir bahwa dirinya hanya orang awam biasa, buka pejabat atau tokoh penting, sehingga kerap menganggap enteng kasus pencurian identias.

Padahal ini bisa menimpa siapa saja, lho. Bayangkan kalau data pentingmu dicuri orang, lalu disalahgunakan. Misalnya nomor rekening dan emailmu dipakai untuk membeli software bajakan atau barang illegal lain, maka saat dilacak dan terbukti identitasmu yang dipakai, maka kamulah yang akan dianggap sebagai pelaku kriminal. Berabe kan?

Berikut ada 5 trik agar kita tercegah dari pencurian data:

1. Jangan letakkan dokumen penting sembarangan

Dokumen penting yang berhubungan dengan pekerjaan, bisnis, berisi data perusahaan, sering kita remehkan. Kita menganggap semua tempat itu aman. Padahal bisa saja tanpa kita sadari, ada orang yang memang mengincarnya. Dan di saat lengkah, mereka menggandakan atau bahkan mencurinya. Dokumen yang sudah tak terpakai sebaiknya dihancurkan dengan mesin penghancur dokumen, atau hapus saja jika itu dalam bentuk softcopy.

2. Jangan gunakan komputer publik untuk mengakses informasi penting

Kadang kita mengakses informasi penting yang berkaitan dengan data perusahaan atau pekerjaan melalui komputer umum yang dipakai beramai-ramai. Awas lho, bisa jadi kita meninggalkan jejak di komputer itu, dan data pentingnya bisa jatuh ke pihak lain, sebab banyak komputer yang sudah disusupi malware yang dapat mencuri datang kita.

3. Jangan pernah asal klik link di email

Pernah dikirimi email yang mengandung link? Jangan asal klik, sebab bisa saja kita digiring ke suatu situs berbahaya yang mengandung virus, malware, dan program lain yang membahayakan data di komputer kita.

4. Pertimbangkan dalam memakai kartu kredit/debit saat online

Baik kartu kredit maupun karti debhit sama-sama mengandung informasi penting. Kartu debit bahkan memiliki sistem proteksi lebih lemah ketimbang kartu kredit.  Maka sebaiknya hati-hatilah saat harus melakukan transaksi online. Jika tidak sangat terpaksa, hindarilah.

5. Pakailah banyak password

Orang lebih suka menggunakan 1 jenis password untuk mengakses banyak akun. Padahal ini berbahaya sekali. Hacker biasanya sekali sukses menerka password kita, akan mencobanya untuk membobol akun-akun kita yang lain. Gunakan password berbeda-beda untuk setiap akun. Sedikit repot tapi demi keamanan juga kan? [Internet Sehat]

Sumber artikel: securitynewsdaily.com / Sumber gambar: identity-theft-scout.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes