Perilaku di Social Media Cermin Kepribadian

[Internet Sehat]   Seperti apakah kepribadianmu? Ternyata dari perilaku kita di social media, bisa lho ditebak seperti apa kepribadian kita. Secara teori, ada lima dimensi kepribadian, yaitu terbuka (aktif berimajinasi), penuh kesadaran (serba teratur), ekstraversi (tegas, sosial, banyak bicara), ramah (suka membantu, simpatik), dan neurotis (sering cemas, merasa bersalah).  Termasuk jenis manakah kita? Nah, ternyata hal itu bisa ditelaah dari perilaku kita di social media.

Tim peneliti dari China dan Singapura berkolaborasi melakukan studi terhadap kepribadian dengan metode berbeda. Menurut  Shuotian Bai dan Tingshao Zhu, dari Chinese Academy of Sciences,  bersama Li Cheng  dari  Singapore’s Bioinformatics Institute, kepribadian manusia dapat diprekdisikan melakui tingkah laku mereka di situs social mereka.  Studi ini melibatkan lebih dari 200 pelajar China pemilik akun Renren, social media sekaliber Facebook di China. Mereka diikutkan dalam tes yang mengaitkan mereka dengan lima jenis kepribadian.   Tim ilmuwan melakukan analisa pada laman personal Renren mereka, seperti usia, jenis kelamin, frekuensi update, kata yang paling sering dipakai, dan seterusnya.

Setelah dilakukan referensi silang antara hasil tes kepribadian dengan analisa konten Renren, ditemukan korelasi kuat bahwa perilaku di social media sangat merefleksikan kepribadian mereka.

Ini baru temuan awal, dan butuh studi lanjutan untuk memastikannya. Namun sudah terlihat bahwa kepribadian manusia dapat diukur dari kehadirannya di social media.  Implikasinya pada kita sebagai konsumen, baik secara psikologis maupun interaktif, sangat besar. Para pakar marketing kelak dapat memodifikasi teknik pendekatan mereka berdasar kepribadian.  Para perusahaan media juga dapat menyesuaikan jenis konten mereka dengan perilaku si audiens, dan seterusnya.

Nah, termasuk kepribadian yang manakah kamu? [Internet Sehat]

Sumber artikel: Mashable.com / Sumber gambar: logannathan.com.au

 

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes