Mozilla Menentang UU Pengawasan Internet CISPA

[Internet Sehat] Perusahaan teknologi raksasa seperti Facebook, Microsoft, dan Oracle  bisa saja mendukung  CISPA (Cyber Intelligence Sharing and Protection Act ) atau RUU pengawasan internet yang kini sudah menjadi UU. Tapi Mozilla justru menyatakan keberatannya atas UU tersebut.

“Di saat kita mendukung aktivitas internet yang lebih aman, tapi di sisi lain CISPA memiliki jangkauan lebih luas dan lebih mengkhawatirkan, jauh melampaui keamanan di dunia maya,” jelas Mozilla melalui pernyataan tertulisnya. “UU itu melanggar privasi, mengandung definisi kabur tentang cybersecurity, dan memberi kekebalan kepada perusahaan dan pemerintah yang terlalu luas menyangkut penyalahgunaan informasi.”

Mozilla adalah perusahaan teknologi besar pertama yang terang-terangan berbicara menentang CISPA. Sementara perusahaan lain seperti Microsoft menyatakan dukungannya kepada keputusan parlemen Amerika Serikat yang meloloskan RUU CISPA menjadi UU, melalui pemungutan suara. Namun untuk langkah selanjutnya, UU ini harus disahkan oleh senat.

Perusahaan teknologi lain yang mendukung UU ini adalah Facebook, Oracle, Symantec, Verizon, AT & T, Intel, dan asosiasi perdagangan CTIA, yang menghitung perwakilan dari T-Mobile, Sybase, Nokia, dan Qualcomm sebagai anggota dewan.??Jika disahkan oleh senat kelak, maka CISPA tidak akan secara resmi memberikan NSA (National Security Agency) atau Homeland Security otoritas pengawasan tambahan. Tapi UU ini akan mengubah konsep berbagi informasi antara perusahaan dan instansi pemerintah – dengan pengawasan terbatas dan perlindungan privasi.??Dalam email untuk Forbes, Mozilla menulis, “Kami berharap senat memikirkan baik-baik, dan secara terbuka pertimbangkan masalah dengan masukan dari stakeholder sebelum bergerak maju dengan UU ini.”

Pada dasarnya CISPA fokus pada urusanpengawasan konten. Dengan CISPA, sebuah perusahaan, seperti Google, Facebook, Twitter, atau AT & T berhak untuk memblokir e-ail dan pesan teks tertentu, kemudian mengirim salinan kepada pemerintah dan menjaga supaya pesan tersebut tak sampai ke alamat atau orang yang dituju dengan alasan keamanan cyber. [Internet Sehat]

Sumber artikel: cnet.com / Sumber gambar: beyazgazete.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes