6 Tips Lindungi Diri di Social Media

[Internet Sehat]  Gaul di situs social media memang menyenangkan. Tanpa perlu kemana-mana, kita bisa bertemu teman-teman dan kenalan baru. Saking senangnya, seringlkli kita lupa memproteksi diri dari kemungkinan ancaman pihak yang tidak bertanggungjawab. Sebenarnya social media seperti Twitter dan Facebook sudah menyediakan fitur pelindung privasi, hanya user sering melupakannya.

Ini ada 6 tips aman bergaul di social media:

1. Manfaatkan fitur pelindung privasi

Sebal karena diganggu oleh orang tidak jelas di Facebook atau Twitter? Aktifkan fitur pelindung privasi, seperti memblok orang-orang yang mengganggu,atau batasi cukup teman-teman tertentu saja yang dapat mengakses informasi tentang dirimu. Ini cara paling efektif ketimbang harus mengeluh atau justru memancing masalah dengan pihak lain.

2. Jangan umumkan rencana perjalananmu

Berbagi foto liburan atau jalan-jalan di social media memang asyik. Tapi jangan umumkan di social media kemana kamu akan bepergian, berapa lama, bersama siapa, dan sebagainya. Bisa saja ada pihak yang menguntit kamu dan melakukan hal-hal jahat.

3. Jangan terima friend request yang mencurigakan

Lihat dulu profil orang yang ingin menjadi temanmu di social media. Jangan asal terima saja, apalagi member dia akses ke informasi tentang dirimu. Jika ada perasaan tidak sreg atau profilnya sudah mencurigakan, jangan terima ya. Akan menyesal jika ternyata dia hanya akan mengirim spam atau hoax ke kamu.

4. Jangan berbagi terlalu banyak info pribadi

Kita memang senang mendapat ucapan met ultah, met wisuda, dan banyak lagi. Asal kita tahu kapan informasi penting yang layak dibagikan ke socil media atau tidak. Info seperti alamat rumah, nomor telepon rumah dan ponsel sebaiknya jangan diumbar ke umum, sebab dapat dimanfaatkan para cybercrime.

5. Jangan asal klik link

Ada banyak malware atau virus berkeliaran di internet. Kebanyakan menelusup dalam link yang di-share ke orang-orang di social media. Maka jika menerima ajakan untuk mengklik suatu link, jangan asal klik ya. Tanya dulu ke pengirimnya apa isi link itu dan apa maksudnya.

6. Jangan mudah percaya orang

Banyak predator di dunia maya yang memanfaatkan anak-anak remaja atau user yang masih polos. Biasanya mereka menyamar jadi orang lain yang seolah-olah baik, senang mendengarkan curhat, ingin membantu, dan sebagainya. Maka jangan mudah percaya dengan kenalan baru di social media. Apalagi jika tidak satupun teman kita yang tahu siapa dia. Tetap jaga jarak dan jangan berikan info pribadimu ke orang seperti mereka.

Nah, sederhana kan sebenarnya untuk bisa aman di dunia maya? [Internet Sehat]

Sumber artikel: securitynewsdaily.com / Sumber gambar: fedtechmagazine.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes