Duh, Indonesia Masuk dalam 5 Spammer Terbesar Dunia!

[Internet Sehat]   Waduh, ternyata Indonesia masuk dalam 5 besar penyebar spam di seluruh dunia! Spammer alias tukang sebar spam saat ini paling banyak berasal dari India (10%), Korea Selatan (8,3%), Indonesia dan Rusia (masing-masing 5%).

Data yang dilansir konsultan keamanan Shopos menyebut di peringkat berikut dalam penyebaran spam adalah Italia (4,9%), Brasil (4,3%), Polandia (3,9%), Pakistan (3,3%), Vietnam (3,2%), Taiwan (2,9%), dan Peru (2,5%). Semua angka tersebut berdasar pantauan selama Januari hingga Maret 2012.

Menurut  Chief Technical Officer Shopos, Graham Cluley, para penyebar spam dari negara-negara tersebut melakukannya dari komputer orang lain tanpa disadari pemiliknya.

“Mayoritas spam berasal dari komputer rumah yang dikendalilan oleh hacker dan dioperasikan olet botnet,” jelasnya. Botnet adalah kependekan dari “robot network” yang membuat komputer seperti zombi, dikendalikan oleh pihak luar.

Peningkatan jumlah spam yang menyebar terjadi pada periode waktu yang sama dengan tahun lalu. Para cybercrime juga memperluas target sebaran spam mereka melalui social media seperti Facebook, Twitter, dan yang teranyar, Pinterest. [Internet Sehat]

Sumber artikel: securitynewsdaily.com / Sumber gambar: net-security.org

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes