Anak Muda Sama Gapteknya dengan Orang Tua

[Internet Sehat]  Apa betul orang tua lebih gaptek dari anak muda?  Mungkin ya, tapi tidak berarti anak muda jauh lebih cangih dan efisien dalam menggunakan teknologi.  Economic & Social Research Council (ESRC) belum lama ini melakukan riset untuk mengetahui bagaimana perilaku generasi muda  dihubungkan dengan gadget canggih yang mereka miliki. Ternyata sebagian besar dari mereka mengaku sangat tergantung pada ponselnya, dan merasa mudah bosan apabila mendapat pengarahan di kelas mengenai bagaimana mengoperasikan suatu aplikasi teknologi.

Penelitian ini dipimpin oleh Dr Christopher Jones dari Open University, yang mewawancarai  lebih dari 2000 mahasiswa tahun pertama di lima universitas Inggris.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa tidak selamanya anak muda selalu lebih canggih dalam penguasaan teknologi baru dibanding generasi tua,” ujar Jones.  Sebagian besar generasi muda kini memang mudah mengadopsi suatu gadget baru, tapi bukan berarti mereka mamiliki ketrampilan cukup baik untuk mengoperasikan dan memanfaatkannya.

Dari studi ini ditemukan bahwa sebanyak 97,8% siswa mimiliki ponsel. Hanya 77,4% yang memiliki laptop, dan 38,1 memiliki PC.  Sebesar 70,1% merasa kebutuhan mereka akan komputer sudah terpenuhi.  Mereka juga punya rasa ketergantungan sangat besar pada ponsel, yaitu sebanyak 83,2% siswa merasa kehilangan jika tidak membawa ponselnya.  Masih dijumpai juga siswa yang tidak menggunakan email atau tidak memiliki akses email dari ponselnya.  Mereka mengaku sudah sering berkirim SMS, chatting, mengakses social media dan mengunduh video sejak di bawah usia 20 tahun, dan kebanyakan terkoneksi dengan teman dunia maya yang berusia di atas 25 tahun.

Situs jaringan sosial termasuk Facebook dan Twitter mereka anggap sering mengangu proses belajar.  Yang memprihatinkan, sedikit sekali dari mereka yang suka ngeblog, yakni hanya 21,5% saja.  Nah, terbukti kan walau generasi muda suka heboh dengan gadget terbaru, tapi mereka tidak terlalu canggih dalam memanfaatkannya. [Internet Sehat]

Sumber artikel:  Zdnet.Com / Sumber gambar: yourteenmag.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes