4 Trik Membersihkan Komputer

[Internet Sehat] Sudah berapa lama tidak bersih-bersih komputer? Walau terkesan remeh, aktivitas ini penting lho.  Komputer bisa saja tersusupi virus tanpa kita sadari. Bahkan kapasitas memorinya bisa juga nyaris ”meledak” tanpa kita tahu.  Sebab dari waktu ke waktu kita hanya asyik memakainya saja tanpa pernah dicek atau sesekali ”dikuras”.

Ini ada tips cara ”membersihkan” PC agar peranti ini bisa lebih tahan lama dan lancar dipakai.

1. Back up data

Lakukan back up data-data yang tersimpan di komputer. Bisa ke hardisk external, flashdisk, atau laptop atau PC.Adajuga hard drive eksternal built in yang tersedia di  system operasi. Misalnya Mac OS disebut Time Machine, dan wi Windows Vista serta Windows 7 di Back up and Restore.

2. Musnahkan spyware

Merasa komputer kita berjalan lemot? Kemungkinan besar ada spyware atau malware bersemayam di situ. Jalankan software antivirusmu, dan hapus dia. Bisa pakau program antivirus seperti Malwarebytes  untuk Windows atau MacScan untuk Macs.

3. Rapikan meja komputer

Kabel-kabel yang serabutan bisa mulai dirapikan, agar tidak terjadi konslet atau kerusakan. Pastikan colokan masih dalam kondisi bagus, tidak ada kebocoran. Bersihkan monitor komputer dengan lap khusus.

4. Bersihkan aplikasi

Seringkali kita mengunduh banyak aplikasi yang kelamaan tidak terpakai lagi. Keberadaannya di komputer cukup menganggu juga, misalnya membuat memori berat. Nah, mulai pilih aplikasi mana yang memang sudah tidak terpakai, dan hapus dengan menggunakan program uninstall. [Internet Sehat]

Sumber artikel: technewsdaily.com / Sumber foto: mytechguys.ca

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes