Facebook Tidak Bikin Pede Orang yang Minder

[Internet Sehat] Teorinya, Facebook bisa bikin orang yang rendah diri menjadi percaya diri. Tapi yang terjadi justru sebaliknya. Sebuah studi baru menemukan bahwa orang yang menderita rendah diri justru makin minder setelah bergaul di Facebook.

Penelitian yang dilakukan AmandaForestdari University of Waterloo bersama  Joanne Wood ini dipublikasikan dalam jurnal  Psychological Science.  Dikatakan bahwa orang dengan tingkat percaya diri rendah tidak merasa nyaman harus berinteraksi face to face di Facebook. Mereka tidak suka berbagi di social media itu.

Studi ini melibatkan 177 siswa yang mengikuti tes psikologi untuk mengetahui tingkat percaya diri mereka.  Kepada mereka ditanyakan bagaimana mereka merespon perilaku teman-teman Facebook mereka.  Siswa dengan rasa percaya diri rendah lebih lebih suka membuka diri secara personal di Facebook, tapi itu tidak membantu mereka meningkatkan rasa percaya diri.

Efek negatif dari perilaku di Facebook cenderung tidak diungkap oleh kelompok ini, sehingga mereka tidak terbantu sama sekali dengan kehadiran social media. Namun itu pun tidak berlaku absolut, ada sebagian siswa dengan tingkat percaya diri rendah yang mampu merespon dengan baik, walau tidak terlalu banyak.

Bagaimana dengan kamu? Apakah merasa lebih pede di Facebook, atau biasa saja, atau justru lebih makin merasa minder?  [Internet Sehat]

Sumber artikel: technewsdaily.com / Sumber foto: psychcentral.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes