Peretas 15 Tahun Ditangkap Polisi

[Internet Sehat] Umur 15 tahun sudah bisa membobol 259 jaringan keamanan komputer perusahaan? Itulah yang terjadi di Austria belum lama ini.  Peretas belia itu dapat melakukannya hanya dalam tempo 3 bulan saja.  Untungnya ia sudah ditahan polisi.  Remaja lelaki ini memanfaatkan celah di internet melalui situs sejumlah perusahaan, sehingga ia dapat menelusup ke jaringan keamanan mereka.

Selain mencuri data, peretas ini juga melakukan deface atau penggantian tampilan laman depan situs, dan memamerkan aksinya itu di Twitter. Bahkan ia juga menyebarkan data-data penting para korbannya di sana. Serangan ini dilakukan selama bulan Januari sampai maret 2012 kemarin, dan tidak terbatas pada perusahaan di Austria.  Ia tidak menargetkan korbannya pada jenis industri tertentu, mengingat perusahaan yang dibobol cukup bervariasi, mulai dari layanan wisata sampai perusahaan olah raga.

Saat ditanya apa motivasinya, ia hanya mengaku sedang merasa bosan dan ingin bukti akan eksistensi diri saja.  Peretas ini dikenal sebagai orang yang antisosial, dan banyak bergaul di dunia maya. Ia juga masuk dalam daftar 50 hacker paling terkenal di forum komunitas hacker yang terdiri dari 2000-an orang.

Peretas ini menggunakan banyak variasi tool yang ada di internet untuk melakukan serangan, termasuk software yang dapat membuatnya tak dikenali. Nama yang dia pakai adalah  ACK!3STX.  Suatu kali software yang biasa membuatnya anonim gagal berjalan, sehingga dengan mudah dilacak oleh Cyber Crime Competence Centre kepolisian Austria. Sepandai-pandai hacker menyamar, akhirnya tertangkap juga. [Internet Sehat]

Sumber artikel: ZDNet.Com / Sumber gambar: cassaon-casino.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes