5 Trik Mengenali Spam di Twitter

[Internet Sehat] Paling ngga asyik kalau sedang berkicau di Twitter mendadak saja diserang spam. Spam biasanya menyebarkan iklan yang kesannya memaksa orang harus membacanya, dan kerap menipu juga dengan info hebohnya, setelah diklik ternyata virus. Aduh, berbahaya kan?  Lebih berabe lagi kalau ternyata secara tidak disadari kita ikut menyebarkan spam itu ke semua follower.

Bagaimana ya kita bisa mengenali sebuah twit itu spam atau bukan? Tenang, ada beberapa petunjuk yang bisa kita ikuti:

1. Spam biasanya pakai hashtag

Hashtag alias tagar dipakai untuk memudahkan pencarian twit, atau memperbesar peluang untuk menjadi Trending Topic. Nah, para spammer senang memanfaatkan hashtag ini untuk menarik orang me-retweet twitnya. Maka waspadai dulu isi twitnya sebelum klik RT atau bahkan tergoda membuka link yang ada di twit itu.

2. Link tak meyakinkan

Ada twit heboh tapi mengandung link? Jangan buru-buru diklik, sebab kemungkinan itu spam. Periksa dulu jenis link apa itu. Biasanya spammer memakai layanan penyingkat link, sehingga user tidak melihat alamat link asli. Sebelum diklik sebaiknya lakukan pengecekan dulu alamat link-nya.

3. Akun tak meyakinkan

Banyak akun-akun Twitter palsu yang menyamar sebagai selebriti atau akun situs berita dan situs-situs social media terkenal. Akun palsu ini memiliki bio dan avatar sama dengan akun aslinya. Coba pastikan dulu apakah itu betul akun asli, bisa dengan melakukan search sehingga akan menemukan akun aslinya. Akun asli biasanya memiliki lebih banyak follower, dan akun selebriti maupun situs terkenal sudah mempunyai tanda “Verified Account”

4. Karakter lebay

Jika menemui ada twit dengan panjang karakter berlebihan  dari sebuah akun terkenal, maka kemungkinan besar akun itu sudah terkena virus.  Sudah sering terjadi sebuah akun melakukan twit berisi spam, padahal penggunanya merasa tidak pernah memposting twit itu. Artinya akun tersebut sudah terkena virus yang membuat ia menyebarkan spam tanpa disadarinya sendiri.

5. Akun baru

Spammer biasanya selalu berganti-ganti akun Twitter. Jika ada twit heboh berasal dari akun yang masih baru, kemungkinan besar itu memang spam. Kita dapat mengetahui usia sebuah akun melalui info yang ada dekat bio akun yang bersangkutan.

Jika menjumpai ada twit spam, sebaiknya langsung saja klik “Report as Spam” agar mereka tidak makin merajalela. [Internet Sehat]

Sumber artikel: mediabistro.com / Sumber foto: jamesnorquay.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes