Awas, Ada Instagram Palsu Mengandung Malware

[Internet Sehat] Demam memakai Instagram mulai dimanfaatkan oleh para penyebar virus. Terbukti dengan adanya Trojan jenis baru yang menelusup di aplikasi Instagram untuk Android. Jadi para cybercriminal telah menciptakan Instagram versi Android palsu bernama Andr/Boxer-F, demikian menurut Sophos.

Setelah pengumuman akuisisi Facebook atas Instagram, aplikasi potret memotret itu menjadi banjir peminat. Instagram masuk dalam tiga besar aplikasi gratis yang paling diminati di App Store Apple.  Di platform Android sendiri sudah diunduh lebih dari 5 juta user dalam tempo kurang dari sepekan. Tentu saja ini menggiurkan bagi para penyebar malware.

Mereka merancang situs iklan palsu Instagram untuk menyebarkan malware. Dari sini mereka mengirim SMS ke para user seolah-olah pihak Instagram meminta sejumlah uang. Untuk mencegah disusupinya malware ini, lebih baik user mengunduh dan menginstal Instagram hanya di situs resmi mereka. Bisa dilakukan di Google Play Store di play.google.com/store/apps/details?id=com.instagram.android.

Yang sudah terburu mengunduh, lebih baik segera lakukan scan antivirus agar tahu apakah Instagram-nya disusupi virus atau tidak. . [Internet Sehat]

Sumber artikel:  ZDnet com / Sumber foto:dikutip.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes