Amankan Data Pribadi dengan 3 Jurus Simpel

[Internet Sehat] Kita sering berbagi informasi pribadi di jagat maya tanpa kita sadari. Baik itu di Facebook, Twitter, email, atau saat chatting. Padahal banyak lho pihak yang memanfaatkan data pribadi orang lain, bahkan untuk tindak criminal. Wah, bagaimana ya agar data-data pribadi kita bisa aman?

Berikut ada beberapa tips:

1. Jangan berikan terlalu banyak informasi

Kita tidak bisa sama sekali tidak memberi data pribadi, apalagi saat mendaftar ke suatu layanan. Hanya setidaknya kita bisa meminimalisir sebisa mungkin. Kita wajib waspada kepada siapa data itu diberikan.  Pada forum publik, usahakan berikan alamat email yang tidak terlalu sering kita pakai, dan memang khusus untuk konsumsi umum. Jangan pakai email kantor untuk konsumsi publik. Pakai username yang tidak terlalu mewakili identitas aslimu, agar tdak segera dikenali siapa dirimu di keseharian.

2. Baca aturan mainnya

Ketika mengunjungi suatu situs, seringkali kita langsung aktif di dalamnya, melakukan registrasi, mengunggah foto, serta data pribadi lain. Padahal ada lho aturan main atau disclaimer yang tercantum di situs itu, walau dalam font kecil atau didisplai di tempat yang tidak terlalu menyolok. Sebaiknya baca dulu sebelum kita terlanjur mengunggah banyak data pribadi. Ada banyak situs yang memang sudah menyatakan bahwa semua data yang diunggah user akan dibagikan ke pihak lain.  Jadi jangan kaget ya kalau fotomu mendadak saja muncul atau disalahgunakan pihak lain, sebab memang aturan mainnya begitu.

3. Lacak datamu

Kemana larinya datamu setelah diunggah ke dunia maya? Gampang, pakai saja Google buat melacak datamu. Bukan tak mungkin tiba-tiba foto atau nomor ponselmu tertera di situs lain tanpa sepengetahuanmu. Jika itu terjadi, dan memang tidak ada disclaimer pada situs itu bahwa mereka berhak menyebarkan datamu, kamu bisa ajukan komplain agar mereka menghapus datamu.

Dengan tiga tips sederhana di atas, semoga saja penyalahgunaan data pribadi kita di dunia maya bisa ditekan. Ayo, segera lakukan ya. [Internet Sehat]

Sumber artikel: BBC / Sumber gambar: gerbenvanerkelens.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes