Perempuan Mengadopsi Teknologi Lebih Cepat dari Lelaki

[Internet Sehat] Selama ini kaum lelaki dianggap sebagai para adopter awal teknologi, dan jagonya menguasai gadget. Tapi belakangan justru kaum perempuan lebih cepat bisa menguasai dua bidang itu, lho.  Nggak percaya? Lihat saja, social media, games sosial, urusan “bawel” saat chatting di internet ternyata lebih didominasi kaum Hawa.

Sebuah laporan dari ComScore menyatakan bahwa perempuan pengguna ponsel pintar mengalahkan kaum lelaki dalam memakai layanan berbasis lokasi seperti Facebook Places dan Foursquare.  Perbandingannya, kaum Hawa 50,5%, dan kaum Adam hanya 49,2%. Para ahli tidak terlalu terkejut dengan fakta kaum perempuan kini lebih mudah mengadopsi teknologi, sebab situs social media dan platform teknologi lain sudah lebih bersifat membangun relasi dan interaksi satu sama lain.

“Komputer, internet, dan perangkat mobile kini lebih menyatu dengan kehidupan sosial sehari-hari, sehingga baik perempuan maupun lelaki sudah sama-sama mudah menggunakannya,” komentar Scott Campbell.

Bahkan kaum remaja perempuan lebih banyak menggunakan SMS daripada remaja pria.

Erik Qualman, penulis buku bestseller “Socialnomics: How social media transforms the way we live and do business” (Wiley Publishing, 2009), percaya bahwa bahwa kelak kaum wanita lebih banyak berkutat dengan situs jejaring sosial. Salah satu bentuk teknologi itu memungkinkan mereka tetap bersosialisasi dan terhubung dengan teman-teman dan keluarga.

“Sebab social media lebih sedikit mengandung hal teknis, dan lebih banyak berurusan dengan pengembangan relasi. Kami lihat kaum perempuan lebih banyak berpengaruh dalam ruang social media,” ujar Qualman. “Maka tidak heran jika Facebook dijalankan oleh kepala operasional perempuan, Sheryl Sandberg.”

Walaupun Facebook diciptakan oleh lelaki, tapi dengan banyaknya kaum perempuan yang mengadopsi social media itu, maka kelak bisa jadi menghasilkan lebih banyak programmer dan pemikir teknis kaum perempuan di masa mendatang.  Bahkan ini sudah bisa terlihat dari masa kanak-kanak, di mana anak perempuan menghabiskan lebih banyak untuk chatting dan hal-hal verbal lain, sementara anak lelaki bermain games.  Anak perempuan cenderung menyukai interaksi langsung, dan anak lelaki tidak. [Internet Sehat]

Sumber artikel: Technewsdaily.com / Sumber gambar: socialtrakr.com

 

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes