5 Situs Keren buat Para Ortu

[Internet Sehat] – Siapa bilang dunia maya selalu berimbas negatif bagi hubungan anak dan orang tua?  Justru merebaknya banyak situs online dapat dimanfaatkan sebagai media informasi dan komunikasi sesama orang tua dalam mengasuh anak.

Di Amerika, cukup banyak situs yang menjadi wadah macam itu.  Situs-situs tersebut mewadahi interaksi antar orang tua untuk saling berbagi pengalaman dan saling curhat tentang problem keseharian mereka mengelola keluarga.  Wah, situs apa saja itu? Ini 5 di antaranya:

  • CafeMom

Ini merupakan komunitas online paling aktif di negeri Paman Sam.  Para ibu bisa bergabung menjadi anggota, dan mengajukan pertanyaan seputar masalah mereka.  Di sini tersedia tip dan advis-advis seputar pengasuhan anak. Ada juga forum yang terdiri dari banyak kelompok interes, mulai dari politik, pola asuh anak, kewanitaan, hingga teknologi, semua diramaikan oleh para ibu.  Tidak ketinggalan ada opsi hiburan seperti kontes video, polling, games, dan banyak lagi.

  • Mamapedia

Yang unik dari situs ini adalah tampilan timeline sesuai pertumbuhan anak.  Para orang tua bisa saling memantau kemajuan tumbuh kembang anak mereka di sini. Percakapan dalam diskusi juga terlihat di timeline ini, seusai dengan tahap pertumbuhan anak-anak mereka.   User bisa langsung mengikuti topik diskusi sesuai kebutuhan mereka, dan langsung bergabung di dalamnya. Lokasi para user juga dapat terlihat di situs, sehingga mereka dapat tahu keberadaan sesama user.  Tidak kalah menarik, situs ini menghadirkan diskon-diskon khusus dari para sponsor bagi membernya.

  • Minti

Nah, ini situs yang cukup netral, tidak mengandung kata “mama” dalam namanya.  Para ortu bisa langsung mengetikkan pertanyaan di kolom yang sudah disediakan, dan otomatis akan dicarikan jawabannya di arsip Q&A.  Jika belum tersedia, maka harus menunggu respon sesama member.

  • MomsLikeMe

Terdiri dari komunitas di lebih dari 60 lokasi seantero Amerika Serikat. Begitu user mendaftar, maka otomatis akan ditempatkan di kelompok sesuai dengan kode posnya, dan terdireksi ke situs lokal. Selain diskusi seputar pola asuh anak, tersedia juga polling dengan pertanyaan yang berkaitan dengan hal itu.  Kupon diskon dari para sponsor menjadi daya tarik lain situs ini.

  • BabyCenter

Sesuai namanya, situs ini berisi sharing informasi dan komunikasi seputar pengasuhan bayi. Sebenarnya lebih mirip jejaring sosial seperti Facebook, hanya diutamakan pada bayi-bayi para ortu yang menjadi member.

Wah, kapan ya di Indonesia ada situs seperti itu? [Internet Sehat]

Sumber artikel: mashable.com / Sumber gambar: 123rf.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes