10 Kebiasaan Buruk Pengguna Teknologi (Bagian 2)

[Internet Sehat] Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul “10 Kebiasaan Buruk Pengguna Teknologi (Bagian 1)“.

6. Jarang men-shutdown laptop
Beberapa laptop generasi terbaru sekarang sudah dilengkapi fitur hibernate otomatis. Anda hanya perlu menutup layar laptop, lalu sistem operasi laptop akan ‘istirahat’ dengan sendirinya. Namun, jika Anda ingin mesin komputer Anda berumur lebih panjang sebaiknya tidak sering-sering meng-hibernate laptop apalagi dibuat dalam posisi standby. Disarankan untuk men-shutdown laptop setelah selesai digunakan agar sistem mati secara sempurna. Selain itu, rutinlah membersihkan ventilasi udara laptop dengan kain pembersih agar laptop Anda bisa beroperasi lebih efisien.

7. Membawa gadget ke tempat tidur
Apakah Anda sering merasa kurang tidur belakangan ini? Bisa jadi teknologi penyebabnya. Membawa tablet, smartphone atau laptop ke tempat tidur di malam hari seringkali menjadi penyebab utama masalah tidur. Pasalnya otak Anda akan dirangsang untuk berpikir terus, sehingga menunda fungsi tubuh untuk tertidur. Karena itu cobalah untuk menjauhkan teknologi dari kasur, tutup dan matikan semua gadget Anda sebelum tidur.

8. Mengacuhkan update system
Di komputer biasanya muncul peringatan “update system” secara berkala. Namun tak sedikit pengguna komputer yang lebih memilih mengklik tombol “cancel” ketimbang harus me-restart komputer setelah update system. Pastikan semua program, antivirus dan sistem operasi Anda sudah terupdate agar komputer Anda berjalan lancar dan aman.

9. Memakai password yang lemah
Apakah Anda memakai password yang mudah ditebak, misal 1234 atau abcd? Jika ya, Anda berisiko besar untuk kena hack. Ujung-ujungnya, data dan identitas Anda jadi sasaran hacker. Gunakan password yang kuat agar akun Anda tidak mudah dibobol. Tip dan trik membuat password dapat dilihat di sini.

10. Malas merawat baterai
Agar baterai awet, Anda perlu mengoptimalkan pemakaian baterai gadget / laptop Anda. Usahakan isi baterai sampai penuh saat baru pertama kali digunakan. Jika baterai tidak digunakan, simpanlah baterai pada suhu yang dingin dan kering dan jangan mendiamkan (tidak dipakai-red) baterai terlalu lama.

[Tim Internet Sehat]

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes