Virus Ubah ‘Komputer’ Jadi ‘Tong Sampah’

[Internet Sehat]
Ada banyak cara yang digunakan virus untuk menginfeksi komputer. Salah satunya W32/VBTroj.DAAA, virus yang dapat mengubah “My Computer” menjadi “Recycle Bin” atau tong sampah. Virus ini juga membuat banyak file duplikasi berekstensi .exe sehingga komputer akan dipenuhi file virus layaknya tong sampah, yang akhirnya membuat kapasitas hardisk menjadi penuh.

Dilihat dari namanya, W32/VBTroj.DAAA dibuat dengan bahasa pemrograman Visual Basic. Virus ini memanfaatkan file folder yang diduplikasi untuk mengelabui user agar dapat diklik dan menyebarkan file duplikasinya ke semua folder dengan ukuran file 356 kb.

Menurut keterangan yang ditulis Vaksincom di situsnya, gejala-gejala komputer yang sudah terinfeksi virus ini antara lain:

  • Saat pertama kali masuk Windows akan muncul pesan error “Microsoft Windows” karena virus aktif bersamaan dengan proses Explorer Windows saat startup.
  • Terkadang bila menuju ke suatu situs, browser Internet Explorer tidak dapat menampilkan alamat situs tersebut dan muncul pesan error.
  • Membuat banyak file duplikat dari setiap folder yang kita klik dengan nama yang sama dengan folder tersebut namun berekstensi .exe, misalnya saat kita buka folder dengan nama Data maka virus akan membuat salinannya menjadi Data.exe
  • Apabila setiap file virus tersebut kita klik maka akan berjalan di memory serta mengambil resource memory sekitar 7000kb. Jadi bisa dibayangkan, bila kita tidak sengaja mengklik file – file virus  tersebut maka akan menguras memory dan berakibat komputer menjadi lambat
  • Virus ini juga akan memblok beberapa fungsi Windows seperti Task Manager, CMD, Folder Options, dan Registry.
  • Mengubah tampilan halaman utama dan halaman default page pada browser Internet Explorer dan dialihkan ke alamat website dewasa dengan tujuan mengelabui user untuk mengakses www.booble.com, hampir mirip dengan situs mesin pencari www.google.com akan tetapi website www.booble.com malah justru menampilkan konten dewasa atau mengandung unsur pornografi.

Virus W32/VBTroj.DAAA menyebar via removable drive/disk dan jaringan LAN.

[Internet Sehat]

Dikutip dari: Vaksin.com

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes