Fellow Internet Sehat 2012 : Nike dan Asmarie

Mengawali tahun program 2012 ini, ICT Watch meluncurkan program baru yaitu kemitraan individual “Internet Sehat Fellowship“. Program ini bertujuan memberikan kesempatan kepada individu terpilih, sebagai seorang aktifits informasi, untuk mendapatkan dukungan secara lebih komprehensif dalam menginisiasi dan/atau mengembangkan program-programnya.

Pemilihan kandidat fellow dilakukan oleh Panel Komite Seleksi yang melakukan serangkaian pembahasan secara independen dari proses penentuan kriteria, penyeleksian kandidat, pemantauan rekam jejak hingga penggalian ide dan perspektif kandidat tentang sejumlah hal yang kontekstual dan relevan.

Untuk mematangkan dan memperkaya rencana program masing-masing,  maka (akan) diadakan sesi diskusi lebih mendalam antara para fellow dengan Panel Komite Program yang antara lain beranggotakan Ketua Dewan Pengawas ICT Watch Rapin Mudiardjo, Ketua Dewan Penasehat ICT Watch Onno W Purbo dan Indriyatno Banyumurti (Koordinator Nasional Relawan-TIK Indonesia)

Fellowship ini bukanlah seperti duta, konsultan apalagi karyawan. Fellow yang terpilih juga tidak bertujuan untuk menjalankan program/kegiatan ICT Watch. Fellow ini tidak beraktifitas untuk ICT Watch ataupun program-program ICT Watch.

Pada intinya, individu aktifis informasi yang telah terpilih sebagai fellow ini beraktifitas dan berkreasi untuk pengembangan programnya masing-masing, tetapi kini dengan prioritas dukungan sumber daya dari ICT Watch ataupun mitra-mitra strategis ICT Watch.

Harapannya tentu program unggulan yang dijalankan oleh fellow tersebut akan bisa makin efektif dan efisien, memiliki jangkauan pencapaian lebih luas, berdampak lebih signifikan dan tereplikasi di banyak tempat di Indonesia.

-

Kriteria, Kewajiban, Hak

Berikut ini kriteria mendasar sebagai patokan Panel Komite Seleksi kala mempertimbangkan kandidat fellow:

  • Bloggerpreneurship: mampu memahami situasi di sekitarnya, memanfaatkan/menciptakan peluang dan mengambil tindakan (berinovasi) dengan informasi untuk melakukan perubahan ke hal yang lebih baik
  • Proactive blogger: aktif ngeblog dan aktif mengajak orang lain dan masyarakat sekitarnya untuk ngeblog
  • Traveler: menyukai dan leluasa dalam melakukan perjalanan, dengan fasilitas apapun yang tersedia
  • Sharing lover: memiliki kecintaan pada kegiatan berbagi ilmu, pengalaman dan pengetahuan
  • Passion-based learner: gemar dan berhasrat tinggi mempelajari dan bereksperimen dengan hal baru
  • Online & offline networker: berjejaring luas dan terus melakukan upaya untuk mengembangkannya
  • Non-block: bukan anggota dan/atau aktifis partai politik tertentu ataupun afiliasinya
-
Selain itu dalam pemilihan fellow juga mempertimbangkan perimbangan gender dan lokasi geografis serta pemahaman kandidat atas isu kebebasan berekspresi.
-
Kemudian beberapa hal pokok yang menjadi kewajiban para fellow adalah:
  • menghormati kebebasan berekspresi dan perbedaan
  • mendorong berbagai inisiatif menumbuhkan dan mengoptimalkan konten, layanan, sumber daya dan/atau trafik Internet Indonesia yang relevan dengan program fellow
  • melayani berbagai jenis komunitas di Indonesia yang membutuhkan kompetensi dan pengalaman fellow
  • mengabarkan kegiatan, ide atau hal baru yang relevan di blog masing-masing fellow
  • menyebarluaskan dan mempraktekkan semangat “Internet Sehat” dimanapun fellow berada

-

Lantas yang menjadi hak para fellow adalah:
  • mendapatkan dukungan jejaring dan sumber daya yang dimiliki dan/atau dikelola ICT Watch untuk menginisiasi dan/atau membangun program komunitas fellow yang berkelanjutan
  • mendapatkan dukungan pengadaan materi bacaan (buku) yang relevan dan bermanfaat bagi fellow untuk menjalankan programnya
  • mendapatkan dukungan akomodasi/transportasi untuk melakukan perjalanan ke berbagai kegiatan di Indonesia yang relevan dan dapat berdampak signifikan bagi fellow dan programnya

-

2012 Fellow

Untuk masa tahun program 2012, ICT Watch telah memutuskan Nike Febbysta Andaru dan Asmarie sebagai Internet Sehat Fellow.  Nike (25), perempuan kelahiran dan beraktifitas di Palembang  Sedangkan Asmarie (25), pria kelahiran Samarinda dan menjalankan kegiatannya di Semarang.
-
Atas terpilihnya Nike dan Asmarie sebagai 2012 Internet Sehat Fellow, ICT Watch mengucapkan selamat dan teruslah berkarya! Sebagai seorang aktifis informasi, giatkan aktifitas berbagi pengetahuan, pengalaman dan inspirasi…!
-
-
ICT Watch / Internet Sehat
Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes