45.000 Akun Facebook Dibajak, Waspadai Link Berbahaya!

Sebuah virus komputer bernama Ramnit diketahui berhasil mencuri 45.000 akun Facebook berupa username dan password. Virus ini disebar lewat link yang dikirim ke user Facebook. Link tersebut, jika diklik, akan mengarahkan user ke website berbahaya yang nantinya akan mendownload virus ke PC korban.

Virus Ramnit pertama kali muncul/teridentifikasi pada bulan April 2010. Ketika itu, virus ini dirancang untuk mencuri informasi perbankan. Selain mencuri informasi perbankan, menurut Microsoft Malware Protection Center, Ramnit juga pernah menginfeksi file executable Windows, Microsoft Office dan HTML.

Perusahaan keamanan Seculert menyatakan, pencurian akun ini sebagian besar menimpa user Facebook di Perancis dan Inggris. Diperkirakan sekitar 69 persen komputer di Inggris telah terinfeksi virus ini.

Hacker tampaknya menggunakan akun curian tersebut untuk login ke akun Facebook korban dan menyebarkan link berbahaya kepada teman-teman Facebook korban agar malware bisa menyebar lebih luas. Penyebaran virus semakin luas ketika ternyata korban menggunakan username dan password yang sama untuk akun layanan web lain.

Ramnit sendiri diklaim sebagai serangan cyber berteknologi cangging (hi-tech) karena dapat menginfeksi komputer dengan beberapa cara yang berbeda. Virus ini dirancang untuk mencuri password dan informasi pribadi.

Menurut para ahli keamanan di Symantec, Ramnit diperkirakan telah menginfeksi 17,3 persen komputer di seluruh dunia. Sepanjang bulan September sampai akhir Desember 2011 lalu, ada 800.000 komputer yang terdeteksi telah terinfeksi virus ini.

Terkait kejadian ini, pihak Facebook menyatakan telah mengambil langkah-langkah pengamanan untuk merestore keamanan setiap user yang terinfeksi virus.

Facebook juga mengimbau agar user tidak sembarangan mengklik link aneh meski link tersebut berasal dari teman. Pengguna Facebook yang terinfeksi Ramnit disarankan untuk memakai software anti-virus. Hacker kemungkinan bisa membuat malware yang lebih canggih untuk mencuri informasi dari situs jejaring sosial.

Selain itu, gunakanlah password yang unik dan kompleks, serta tidak menggunakan password yang sama untuk akun lain. Jangan lupa untuk selalu mengupdate antivirus untuk mengurangi resiko terinfeksi virus.

Sumber: Dailymail

[dew / Internet Sehat]

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes