Waspadai Pesan Chat Bervirus di Facebook!

Facebook memang fenomenal. Bayangkan saja, pengguna Facebook Indonesia saat ini berada di peringkat ke-2 dunia dengan total user sekitar 40juta. Hampir semua kalangan punya akun Facebook, mulai dari anak remaja, anak sekolah, mahasiswa, guru, karyawan, artis, hingga pejabat pemerintah.

Ketenaran Facebook membuat situs jejaring sosial ini sering menjadi target penyebaran malware lewat fitur-fitur yang ada di Facebook. Untuk kesekian kalinya, sebuah worm kembali terdeteksi menyebar lewat Facebook. Oleh Norman Security Suite, worm ini dikenal sebagai W32/Kolab.xx. Tercatat, sudah puluhan varian sejak Agustus yang disebarkan oleh pembuat virus ini.

Ciri-ciri jika terinfeksi worm ini adalah Anda akan mendapatkan pesan chat pada Facebook oleh salah satu teman Anda. Pesan chat tersebut memberikan sebuah link tertentu. Hebatnya, akun Facebook yang diinfeksi oleh virus ini tidak mengalami perubahan sama sekali. Bahkan tidak ada pop-up FB Chat yang terbuka. Yang dibutuhkan virus ini hanyalah akun Facebook tersebut sedang login saja.

Kemungkinan besar hal ini terjadi supaya korban virus tidak menyadari kalau komputernya telah terinfeksi oleh Kolab/Click1 dan menyebarkan banyak sekali FB Chat ke kontak-kontak Facebooknya yang mengarahkan untuk mendownload virus ini. Jika Anda meng-klik link pada pesan chat tersebut, maka secara otomatis file akan terdownload ke dalam komputer Anda. Dan jika Anda menjalankan file tersebut, maka komputer Anda sudah pasti telah terinfeksi.

Kolab/Click1 diketahui memanfaatkan file svchost.exe pada Windows untuk melakukan broadcast pada IP-IP tertentu, sehingga akan sulit mematikannya. Jika Anda memaksa mematikan file svchost.exe, komputer akan mengalami blue screen of death (BSOD). Termasuk jika Anda mencoba melakukan scan menggunakan tools tertentu seperti GMER, tools yang biasa digunakan untuk mendeteksi rootkit.

Agar dapat berjalan bebas tanpa hambatan, Kolab/Click1 mendaftarkan programnya pada Windows Firewall, sehingga diperbolehkan untuk melakukan koneksi dan broadcast.

Tips menghindari worm Kolab/Click1:

1. Jangan sembarangan meng-klik link yang dikirim ke Anda, baik melalui pesan chat FB atau status.
2. Beritahukan pada teman Anda bahwa komputer tersebut telah terinfeksi virus, dan segera lakukan update dan scan komputer dengan antivirus yang terupdate.
3. Jangan melakukan copy link atau melakukan pemberitahuan disertai link tersebut, karena dengan begitu Anda justru ikut menyebarkan link yang mengandung virus tersebut.
4. Jangan meninggalkan FB Anda dalam keadaan aktif/login, sebaiknya Anda logout dahulu hingga Anda kembali.
5. Gunakan Secure HTTP / HTTPS pada saat Login FB, hal ini agar FB Anda tidak mudah diakses oleh orang lain disekitar Anda.

Sumber: Vaksincom

[dew / Internet Sehat]

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes