10 Tips Aman Kencan Online

Menjadi anggota di situs kencan seringkali dilakukan orang untuk memperoleh pasangan. Akan tetapi yang harus diingat ialah, situs kencanpun punya bahayanya sendiri. Jika kamu tidak hati-hati, bisa-bisa kamu kecurian data pribadi sampai kehilangan uang. Nah, tak mau kan hal itu terjadi? Berikut tips yang harus kamu praktekkan.

1. Pastikan situsnya terpercaya
Jangan asal memilih situs. Sebelum join, pastikan situs tersebut terpercaya. Apalagi jika kamu harus memasukkan informasi kartu kredit, kamu harus mengecek apakah situs itu akan melindungi data-data pribadi anggotanya, salah satunya dengan alamat url yang aman (https alih-alih http).

2. Cek dulu privacy settingnya
Sebelum mendaftar, yakinkan bahwa privasimu akan dilindungi oleh situs tersebut. Jangan sampai informasimu diumbar untuk pihak ketiga dan cek juga apakah kamu bisa memilih opsi untuk tidak menerima permintaan email dan iklan yang ingin melacak data pribadimu.

3. Lindungi Identitasmu
Melindungi identitas bisa dilakukan dengan cara memilih screen name/user name yang tidak mengidentifikasikan siapa dirimu. Jangan memberikan nama komplit, alamat lengkap, alamat kantor, atau tanggal lahir. Usahakan pula untuk tidak memberikan nomer hp sampai kamu benar-benar merasa aman dan nyaman. Yang pasti, batasi informasi pribadi yang kamu berikan.

4. Anonim
Sejumlah situs kencan menawarkan teknologi komunikasi anonim yang akan melindungi identitasmu sampai kamu merasa siap. Manfaatkanlah.

5. Ikuti Nalurimu
Jika orang yang kamu ajak bicara mengatakan sesuatu yang tidak sopan, jangan segan-segan untuk melaporannya ke admin situs. Apabila dia masih nekat, blokir saja semua saluran komunikasi kalian.

6.  Jangan Pernah Kirim Uang
Waspadai siapapun yang meminta uang dari kamu. Meski ceritanya terlihat meyakinkan, namun kamu harus berani menolaknya karena bisa jadi mereka adalah scammer.

7. Hindari Hubungan yang Terlalu Dekat
Besar kemungkinan saat kamu flirting di dunia maya, segala sesuatunya terasa cepat dan kalian mudah sekali untuk akrab. Jangan buru-buru. Berkomunikasilah via telepon sebelum kamu memutuskan untuk bertemu langsung dengan orangnya.

8. Lakukan Pencarian
Tidak ada salahnya melakukan pencarian tentang dia sebelum bersua. Googling untuk melihat lebih jauh informasi mengenai dia, begitupun juga googling dirimu sendiri untuk melihat informasi tentang kamu yang bisa dia lihat.

9. Laporkan ke Pihak Berwenang Jika Ada Ancaman
Segera laporkan ke polisi jika kamu menerima ancaman atau penghinaan. Stop komunikasi dengan individu tersebut, dan buat kopian rekaman perbincangan kalian sebagai bukti. Jangan malu untuk meminta pertolongan karena cyberstalking adalah suatu bentuk kejahatan.

10. Yang terakhir adalah pertimbangkan situs kencan yang akan kamu ikuti. Reputasi yang bagus dan fitur perlindungan privasi anggotanya adalah hal wajib yang harus ada di situs tersebut.

Sumber: Myid

[dew / Internet Sehat]

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes