Agar iPhone dan iPad Anda Tahan Serangan (Bagian I)

Keberadaan piranti pintar seperti smartphone, tablet dan lainnya memang membawa banyak faedah bagi penggunanya. Akan tetapi, apabila ia tidak dijaga dengan baik, data yang Anda simpan di dalamnya bisa saja hilang entah karena kecolongan atau karena adanya virus dan Anda malah merugi.

Tidak ingin mengalaminya? Rajin-rajinlah merawat piranti Anda dari mulai bagian yang terkecil. Menjaga dan mengamankan piranti Anda sama saja dengan mengamankan data Anda. Untuk itu, di sini dibeberkan sejumlah langkah pengamanan bagi Anda yang menggunakan piranti iPhone atau iPad yang menjalankan iOS 4. Ayo jangan malas menerapkannya!

1. Jaga selalu keamanan piranti Anda.
Semua peralatan elektronik memang rentan terkena serangan, termasuk iPhone dan iPad Anda. Perlindungan terbaik untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan ialah dengan memastikan piranti iOS Anda tidak jatuh ke tangan yang salah. Pertimbangkan mengenai risiko menyimpan data sensitif di gadget. Data sensitif ini termasuk informasi mengenai perusahaan, nomor kartu kredit, password dan data pribadi.

2. Usahakan untuk selalu mengupdate software di iOS Anda, karena tambalan (patch) keamanan ada di update-an terbaru.
Menjadi tanggung jawab masing-masing individu dalam hal pemakaian iOS dan software iTunes versi terbaru. Rajin-rajinlah mengecek update-an software yang dikeluarkan Apple. Melakukan update untuk piranti Apple Anda hanya bisa dilakukan melalui program iTunes di PC yang terkoneksi dengan internet, jadi pastikan Anda melakukannya di PC pribadi atau PC lain yang aman.

3. Jangan melakukan jailbreak pada ponsel Anda.
Jailbreaking adalah istilah untuk proses memodifikasi sistem operasi pada piranti. Hal ini bisa mengakibatkan gangguan pada kemampuan piranti dalam menghalau serangan dari luar. Aksi jailbreaking akan melumpuhkan fitur keamanan penting yang dimiliki piranti sehingga iPhone atau iPad Anda menjadi rentan diserang. Dampak lain yang ‘diderita’ piranti akibat jailbreaking ialah mengenai kualitas tools dan aplikasi yang disediakan oleh komunitas jailbreaking. Aplikasi yang bisa didapatkan gratis ini dikembangkan dengan level profesional yang terbatas sehingga ia bisa saja mengandung virus atau malware.

4. Aktifkan Auto-Lock dan Passcode Lock.
Dengan fitur Auto-Lock, layar piranti Anda akan otomatis terkunci setelah periode waktu tertentu. Aktifkan fitur ini dengan:
1. Klik “Settings” > “General” > “Auto-Lock
2. Set “Auto-Lock” di “3 Minutes

Fitur Auto-Lock akan berfungsi maksimal dalam mengamankan piranti Anda apabila dikombinasikan dengan Passcode Lock. Gunakan fitur ini untuk menerapkan PIN 4 digit pada iOS Anda. Dengan pengaturan “Immediately“, piranti ini akan selalu meminta penguna untuk memasukkan PIN tersebut guna meng-unlock layar. Cara mengaktifkannya:
1. Klik Settings > General > Passcode Lock
2. Set “Passcode Lock” menjadi ON
3. Set “Require Passcode” menjadi “Immediately

Untuk pengamanan tambahan, gunakan fitur Erase Data guna menghapus semua data usai 10 kali kegagalan saat memasuki passcode.
1. Klik Settings > General > Passcode Lock
2. Set “Erase Data” menjadi ON

…bersambung…

[dew / Internet Sehat]

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes