Salah Posting di Situs Jejaring, Pekerjaan pun Melayang

Situs jejaring bisa membuat orang kehilangan pekerjaan. Bila tidak hati-hati dalam memposting sesuatu, bisa jadi kejadian yang dialami politikus, guru dan beberapa inividu di bawah ini menimpa Anda. Ambil pelajaran dari kasus yang menimpa mereka berikut dan jangan sampai Anda menjadi yang berikutnya.

Ashley Payne (Guru)
Seorang guru di Barrow County, Georgia bernama Ashley Payne diminta untuk resign dari pekerjaanya sebagai guru di sebuah SMA. Payne harus keluar dari Apalachee High School pada Agustus 2009 karena foto dan status Facebooknya. Ceritanya kala itu ia sedang berlibur di Eropa dan mengunjungi pub lokal di Dublin. Di situ ia mengambil beberapa foto yang kemudian ia posting di Facebook. Foto yang menunjukkan dirinya sedang minum alkohol dan lontaran statusnyalah yang menjadi masalah. Meski laman Facebooknya ia buat private, namun di sana ia tetap berteman dengan sejumlah guru hingga akhirnya kepala sekolah tempat ia mengajar mengetahuinya dan kemudian ia diminta untuk resign.

Christopher Lee (Anggota Perwakilan Rakyat AS)
Di bulan Februari lalu anggota kongres Christopher Lee berhenti dari jabatannya setelah emailnya yang ditujukan pada seorang wanita di Craiglist dibocorkan oleh blog Gawker. Pria yang sudah menikah ini dalam fotonya berpose tanpa baju. Akibatnya,  ia resign kurang dari 4 jam setelah email dan fotonya beredar.

Connor Riley (Calon Pegawai Cisco)
Hati-hati saat ngetweet, jangan sampai kesempatan emas hilang hanya gara-gara sebuah tweet. Seorang pria berusia 22 tahun bernama Connor Riley mendapat tawaran pekerjaan di perusahaan Cisco. Akan tetapi ujung-ujungnya ia batal bekerja di sana karena kesalahan yang ia lakukan di Twitter. Dalam situs mikroblogging ini Riley menuliskan kata-kata yang tidak sepantasnya ia ucapkan terkait penawaran pekerjaan yang ia terima. Salah satu lontaran yang ia tulis ialah bahwa ia sebenarnya membenci pekerjaan tersebut. Tweetnya kemudian dipergoki oleh salah satu pegawai Cisco yang meneruskannya pada manager bagian perekrutan karyawan. Alhasil, Riley kehilangan pekerjaan di Cisco sebelum ia benar-benar memulainya.

Gilbert Gotfried (mantan juru bicara Aflac)
Komedian bernama Gilbert Gotfried pernah membuat lelucon di Twitter yang menyangkut bencana tsunami di Jepang. Gara-gara leluconnya itu, iapun dipecat dari Aflac sebagai juru bicara karena orang-oang di Aflac tidak menyukai perbuatan Gotfried tersebut.

Anthony Weiner (Anggota Kongres Amerika)
Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Weinetr membuat kesalahan besar dalam hidupnya yang membuat ia harus menghentikan karirnya di kancah politik. Weiner, akibat kesalahannya mengetikkan simbol di TweetDeck (mention alih-alih DM), harus rela foto selangkangannya dikonsumsi publik. Foto tak senonoh itu sedianya ia tujukan pada salah satu follower wanitanya sampai ia salah ketik dan malah mempublish-nya di publik.

Sumber: Mashable

[dew / Internet Sehat]

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes