Trik Jitu Menjaga Privasi di Internet

Menjaga kerahasiaan data-data di internet sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang benar-benar mudah. Tidak perlu menjadi seseorang yang sangat melek teknologi untuk menghindari data-datamu dari sentuhan tangan yang tidak bertanggung jawab. Pun, tak perlu menjadi lulusan TI untuk menghalau spam yang sering hinggap di email. Hanya dengan sedikit trik yang bisa dilakukan oleh siapa saja, maka privasimu di internet akan tetap terjaga, berikut ini beberapa contohnya.

1. Gunakan Data Kelahiran Palsu
Hampir semua situs mensyaratkan calon anggotanya untuk mencantumkan tanggal lahir saat akan mendaftar (sign up). Sebenarnya hal ini lumayan berisiko karena data tersebut bisa disalahgunakan oleh penjahat cyber. Untuk menghindari hal ini, pakai saja data kelahiran palsu di Facebook atau di situs-situs lain.

2. Selalu Memakai HTTPS jika Memungkinkan
Sudah banyak layanan yang memakai jaringan aman ini dengan pengaktivasian yang mudah. Kamu bisa mengaktifkannya di situs favorit Facebook, Twitter dan Gmail dengan sekali centang.

3. Amankan Dirimu dari Pesan Singkat (IM) yang Mencurigakan
Mendapatkan pesan singkat dari seseorang yang tidak kamu kenal atau dari orang yang tidak ingin kamu ajak bicara, bisa jadi mengganggu. Kamu bisa melakukan sedikit hal untuk mengantisipasi hal tersebut dan menyetting IM-mu dengan lebih private. Yang bisa kamu lakukan contohnya ialah dengan hanya membolehkan teman-temanmu saja yang bisa mengirimimu pesan, memasang status invisible saat sedang sibuk, atau hanya menunjukkan status online pada teman-teman dekat saja.

4. Gunakan Email ‘Sementara’ untuk Hindari Spam
Sebal dengan datangnya spam di email? Salah satu trik terbaik untuk menanggulanginya ialah dengan mencantumkan email sementara saat mendaftar di situs yang belum kamu yakini. Banyak layanan email sementara yang bisa kamu cari di internet dan gunakanlah hanya untuk mendapatkan ‘confirmation email’.

5. Jaga Kerahasiaan ‘Security Question’
Selain menggunakan password yang kuat dan aman namun tetap mudah diingat, kamu juga harus menjaga kerahasiaan ‘security question’. Menggunakan password yang kuat akan sia-sia apabila kamu menyepelekan ‘security question‘. Kreasikan jawaban pertanyaan keamanan tersebut dengan formula yang unik namun mudah diingat. Misal jika kamu memilih pertanyaan ‘Apa nama tengah ibumu?’, kamu bisa menjawabnya dengan album band favoritmu misalnya.

Sumber: Lifehacker

[dew / Internet Sehat]

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes