ICT Watch Beri Masukan ke Tim Sosialiasi Internet Sehat Depkominfo

internetsehat-kominfo-nuh

Menkominfo Mohammad Nuh, Senin (23/01/2009), melakukan kick-off Tim Sosialisasi Internet Sehat (TSIS) di Depkominfo. TSIS itu sendiri diputuskan berdasarkan SK Menkominfo No. 28/KEP/M/Kominfo/1/2009. Tugas TSIS, sesuai termaktum dalam SK adalah sebagai berikut:

  1. Menerima aduan masyarakat perorangan maupun kelompok mengenai dugaan pelanggaran Konten Multimedia
  2. Mengklarifikasi dan memverifikasi aduan
  3. Menyelenggarakan sidang panel judikasi dan memutuskan tindak lanjut aduan
  4. Melakukan sosialisasi dan edukasi masyarakat tentang pemanfaatan Internet Sehat
  5. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugasnya secara berkala kepada Menteri Komunikasi dan Informatika

TSIS it sendiri beranggotakan sebanyak 65 orang terdiri atas komponen pemerintah, swasta, lembaga kemasyarakatan, lembaga keagamaan, kepolisian dan perseorangan. Di dalam TSIS terbagi atas: pengarah, panel judikasi, pokja publikasi dan sosialiasi, pokja penerima dan klarifikasi aduan konten, pokja teknis, bidang advokasi dan sekretariat.

Sekedar catatan, TSIS ini tidak ada hubungannya dengan kegiatan Internet Sehat yang digagas dan dijalankan oleh tim ICT Watch sejak 2002 silam. Pun ICT Watch tidak masuk secara institusional maupun formal pada TSIS tersebut. Meskipun demikian, tim ICT Watch mendukung keberadaan TSIS tersebut dan bersedia membantu TSIS, khususnya terbatas pada hal publikasi dan sosialisasi yang merupakan kegiatan preventif dan informatif.

Dalam sambutannya, Menkominfo menyampaikan beberapa pendekatan untuk mengatasi konten-konten negatif di Internet. Pendekatan tersebut yaitu:

  • - society user approached (kampanye, sosialisasi, pelatihan, dll)
  • - technical approached (sensor di tingkat ISP atau warnet, menggunakan OpenDNS, dll)
  • - institusional approached (komunikasi antara pemerintah dengan penyedia layanan online)
  • - law inforcement (penegakan hukum, jalur hukum, dll)

Acara kick-off berlangsung sejak pukul 17.00 s/d 18.00 WIB.

-


MASUKAN

Dari tim Internet Sehat ICT Watch yang diwakili oleh Donny B.U., sempat memaparkan secara singkat kegiatan sosialisasi yang telah dijalankannya sejak 2002 silam. Kemudian Donny juga memberikan masukan kepada pemerintah, dalam hal ini Tim Sosialisasi Internet Sehat – Depkominfo, untuk melangkah berhati-hati sebelum benar-benar memutuskan melakukan filtering konten Internet. Karena jika sampai salah langkah, maka bisa menjadi boomerang dan dianggap oleh dunia luar sebagai salah satu bentuk penghambat atas Access to Knowledge.

Salah satu metode paling ampuh yang diusulkan oleh ICT Watch, dan disepakati pula oleh Menkominfo, adalah melalui sosialisasi yang berkesinambungan dan masif. Selain itu, keberadaan konten negatif haruslah dilawan dengan digelontorkannya konten-konten lokal yang positif sebanyak mungkin.

Sehingga dengan demikian, pendekatan yang diambil adalah bukan dengan “mencabut” kebebasan masyarakat untuk memilih (yang “baik” ataupun yang “tidak baik”), tetapi dengan “meminimalisir” adanya pilihan yang “tidak baik” (karena pilihan yang “baik”jumlahnya lebih dominan)!

ICT Watch juga menguatirkan, dengan adanya filtering yang tanpa perhitungan matang, maka yang terjadi adalah pelambatan akses Internet secara nasional, yang berarti juga semakin lambatnya bagi masyarakat Indonesia (khususnya para pengguna Internet) untuk mencari dan mendapatkan informasi. Diibaratkan jika ingin masuk ke sebuah mal, jika mobil yang masuk diperiksa secara ketat, maka antrian akan menjadi semakin panjang dan semakin menimbulkan kemacetan.

-
Acara kick-off tersebut dihadiri oleh hampir seluruh anggota TSIS. Seusai acara, diserahkan secara simbolik dari tim Internet Sehat ICT Watch (diwakili oleh Donny B.U.) kepada Menkominfo M. Nuh berupa kaos kampanye Internet Sehat “Be WWW” dan Buku Internet Sehat.

-

[Tim Internet Sehat]

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes