Internet Sehat, antara ICT Watch dan Depkominfo (notulen diskusi)

internet sehatJumat kemaren (13/2/2008), dari pukul 13.30 s/d 15.00 wib, tim ICT Watch (donnybu, rapin mudiardjo dan yan aryanto) berdiskusi dengan teman-teman di Depkominfo (Dirjen Aplikasi Telematika Cahyana Ahmadjayadi, Direktur Sistem Informasi Perangkat Lunak dan Konten Lolly Amalia Abdullah, dan Direktur Pemberdayaan Telematika Bambang Soeprijanto, serta jajarannya), di kantor Depkominfo.

Notulen hasil diskusinya adalah sebagai berikut:

1). Depkominfo memahami bahwa “Internet Sehat (www.internetsehat.org)” adalah sebuah konsep sosialisasi yang digagas pertama kali oleh ICT Watch pada 2002 silam, yang merupakan kegiatan non-profit dan harus dijaga bersama agar tetap non-profit, tidak dijadikan ajang bisnis/komersialiasi oleh pihak-pihak tertentu.

2). Tidak ada hubungannya antara “Tim Sosialisasi Internet Sehat” (TSIS) yang dibentuk oleh Depkominfo (berdasarkan SK menteri/dirjen) dengan “program/komunitas Internet Sehat” yang dijalankan oleh ICT Watch. Meskipun demikian ada sebagian semangatnya yang sama yaitu menyosialisasikan penggunaan internet yang aman dan nyaman bagi anak, siswa, keluarga dan pendidikan.

3). Dari sejumlah kegiatan yang menjadi keunggulan masing-masing, baik ICT Watch maupun Depkominfo akan mengupayakan adanya beberapa kegiatan di antaranya yang dapat dilakukan secara bersama dan sinergis. Jika diperlukan, maka tidak menutup kemungkinan akan dilakukan kerjasama formal (dalam bentuk MoU) antara Depkominfo dengan ICT Watch.

4). Sebagai pencetus awal nama, konsep dan ide “Internet Sehat”, ICT Watch telah mendaftarkan hak cipta dan hak merek “Internet Sehat” ke Dirjen HaKI agar tidak ada pihak yang menyalahgunakannya demi keuntungan bisnis / komersialisasi semata.

5). Meskipun sudah didaftarkan ke Ditjen HaKI, untuk berbagai bentuk penggunaan (dan oleh siapapun yang menjalankan) bagi kegiatan pendidikan dan sosialiasi non-profit atas “Internet Sehat”, ICT Watch akan menggunakan “Creative Common License” (CC), dengan biaya lisensi Rp 0,- (tidak berbayar!)

6). Penggunaan nama “Tim Sosialisasi Internet Sehat” dan situs “www.internetsehat.web.id dan/atau www.insan.or.id” oleh Depkominfo, telah disampaikan kepada ICT Watch, dan dari pihak ICT Watch menyatakan tidak berkeberatan sama sekali mengenai hal itu.

7). Jika memungkinkan, bisa saja dirintis kerjasama sinergis berdasarkan kompetensi masing-masing terkait dengan pengembangan konten pada situs www.internetsehat.org yang dikelola oleh ICT Watch dan situs yang dikelola oleh Depkominfo.

8). Untuk setiap program komunikasi / kampanye “Internet Sehat” yang akan dijalankan oleh Depkominfo ke berbagai media, konten/materinya akan dikonsultasikan terlebih dahulu kepada ICT Watch agar makin memperkuat “ruh” (spirit) dari pesan yang ingin disampaikan tersebut

nb:

- Program “Internet Sehat” yang dijalankan oleh ICT Watch selama ini adalah bukan/tidak merupakan program (ataupun program turunan) dengan nama serupa yang dijalankan oleh Depkominfo. Saat ini Depkominfo memiliki program dengan nama yang mirip, yaitu “Internet Sehat dan Aman“.

- Saat ini Program “Internet Sehat” ICT Watch didukung oleh program corporate social responsibility (csr) dari XL CareXL Axiata untuk program assistance, oleh OpenNet Initiative untuk technical assistance serta oleh Symantec Norton untuk knowledge assistance.

[Tim Internet Sehat

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes