Secuplik Kisah “Internet Sehat Community Gathering”

Internet Sehat Community Gathering

internet sehatTiga kata, “seru”, “kocak” dan “akrab”, yang dapat menggambarkan suasana saat gelaran acara Internet Sehat Community Gathering edisi perdana, Jumat (6/2/2009) di resto Warung Daun, Pakubuwono – Jakarta. Menjalankan peran sebagai host acara, Onno Purbo dengan ciamik melempar pertanyaan, banyolan hingga ledekan kepada sekitar 50-60an peserta yang hadir.

Acara kumpul2 tersebut sengaja dibuat cair dan informal, tidak ada materi presentasi, tidak ada pembicara utama, dll. Semua boleh bicara, semua boleh menanggapi, semua boleh tertawa. Peserta yang datang, walau dari banyak institusi (dan penggiat) IT di Indonesia, intinya menyuarakan hal yang sama, “Internet haruslah menjadi tempat yang aman, nyaman dan bermanfaat bagi penggunanya“, khususnya bagi anak, siswa, keluarga dan pendidikan.

Dalam kesempatan acara tersebut, blog/blogger yang mendapatkan penghargaan Internet Sehat Blog Award (IBSA) 2009 sesi (minggu) I di bulan I (Februari), turut hadir dan mendapatkan penghargaan simbolik. Mereka adalah pengelola blog (blogger) Banymurti.net dan Ramaditya.com.

Acara ngobrol2 yang dimulai pukul 18.00 WIB tersebut, berlangsung santai hingga pukul  19.00 WIB dan ditutup dengan makan malam bersama hingga 20.00 WIB. Tetapi ya lantaran dasarnya pada doyan ngobrol, masih banyak saja ada yang berbetah ria berhaha-hihi dengan koleganya hingga pukul 21.30 WIB!

Be WWW

Setiap tetamu pun tidak pulang dengan membawa kehampaan (duh, istilahnya… hehehehe…). Selain bisa bersilaturahmi, melepas penat dan beban pikiran, bingkisan alakadarnya juga sudah disiapkan sebagai buah tangan. Bingkisan tersebut berupa CD materi Internet Sehat, buku Internet Sehat dan kaos kampanye politik, eh bukan, maksud saya kaos kampanye Be WWW (Wise While Wonline)!

Kok “Wise While Wonline”? Gak salah tuh? Ya namanya juga kampanye, biar beda gitu lho…! Kalau ada yang berminat mendapatkan kaos Be WWW tersebut, kita lagi siapkan mekanismenya. Pastinya nggak gratis, tetapi seluruh keuntungan dari penjuwalan kaos tersebut akan dikembalikan dalam bentuk kegiatan kampanye Internet Sehat ataupun Be WWW selanjutnya. Sekalian promosi, nanti kaos tersebut akan dibuat eksklusif (bahannya yang gak puanass, sablonannya karet makcling dan ada kontrol kualitasnya). Money back guarantee! hehehe…

Internet Sehat Community Gathering

Siapa saja para penggiat IT yang dateng di acara di atas? Beragam banget! Ada blogger, ada dari unsur pemerintah (kominfo dan ristek), engineer, programmer, peneliti, ISP, pendidik, vendor, pengelola warnet, mahasiswa, operator telko, penyedia layanan blog lokal, media/jurnalis, asosiasi IT terkait dan lainnya.

Kalau mau liat foto2nya (dan taggingnya), sila langsung meluncur ke kumpulan foto di fesbuk. Alternatif lain, bisa di flickr (tapi gak ada taggingnya).

Berkala

Trus acara yang tidak dipungut biaya tersebut, mekanisme undangan digenerate melalui fitur event di fesbuk. Karena keterbatasan tempat duduk, mekanisme konfirmasinya diberlakukan first-come-first-serve. Jadi mohon maaf apabila ada rekan2 yang belum mendapatkan undangan untuk turut hadir saat itu.

Rencananya acara serupa akan berlangsung berkala bulanan (bisa di Jakarta ataupun di luar kota), dengan menghadirkan host tetap Onno Purbo sebagai Advisory Board Chairman of ICT for Partnership / ICT Watch. Pastinya, prioritas pertama undangan (via pesbuk), akan dilansir hanya di  group “Internet Sehat” dan group “Blogger Indonesia Pandjang Oemoer” @ facebook.

Oh ya, acara Internet Sehat Community Gathering  ini didukung sepenuhnya oleh program XL Care (http://www.xl.co.id), program OpenNet Initiative (http://www.opennet.net) dan ICT Watch (http://www.ictwatch.com). Mau ikutan mendukung acara ini? Sila langsung hubungi kami via e-mail surel [at] ictwatch.com / surel [at] internetsehat.org.

[Tim Internet Sehat]

Tags:

Facebook Comment:

theme by Mr Wordpress Themes